PUSTAKA DIGITAL TEBAR ILMU PENGETAHUAN UNTUK KEMAJUAN DUNIA PENDIDIKAN, SILAHKAN DOWNLOAD SEMUA BUKU - BUKU YANG KAMI SEDIAKAN, DAN JANGAN LUPA KIRIM LINK INI KE KAWAN - KAWAN ANDA YANG LAIN, SEMOGA BERMANFAAT
Sekali Memberi Kebaikan,Maka akan Kembali 10 Kebaikan

Kamis, 09 November 2023

KEGUNAAN DAN FUNGSI TROLI TANGAN UNTUK SEBUAH ALAT KERJA

 



Troli Tangan adalah sebuah alat transportasi barang yang sangat berguna dalam memindahkan dan mengangkut barang denagan mudah dan efisien. Dengan kemampuan mobilisasi yang mudah, kapasitas muatan yang baik dan manuverabilitas yang fleksibel, gerobak dorong menjadi solusi yang populer diberbagai sektor.

Dalam menggunakan Troli Tangan, penting untuk memperhatikan keselamatan dan menjaga keadaan Troli Tangan agar dapat dan tetap menjadi alat yang tak tergantikan dan meningkatkan efisiensi dan mobilitas dalam transportasi barang.

Dalam artikel ini kami sudah menjelajahi kegunaan, keuntungan, dan variasi Troli Tangan serta bagaimana alat ini membantu meningkatkan efisiensi dan mobilisasi dengan mudah dalam transportasi barang.

Bahan Troli Tangan Yang Dibuat Oleh Siswa SMKN 1 Jeunieb Jurusan TPM sbb:

- Bahan Besi Hollow 2 x 2 cm

- Besi Siku 2 x 2 cm

- Besi Bulat 1”

- Roda

- Daya angkut 300 Kg

 

1. Fungsi dan Kegunaan Troli Tangan

Troli Tangan dirancang untuk memudahkan pengangkutan barang dari satu tempat ke tempat yang lainya.Fungsi utamaya adalah untuk memindahkan barang secara efisien tanpa memerlukan banyak tenaga manusia. Gerobak dorong serta digunakan diberbagai sektor, termasuk industri, perdagangan, logistik, pertanian, pariwisata, dan banyak lagi.

 2. Keuntungan dan Kelebihan Menggunakan Troli Tangan

·         Mobilisasi yang sangat mudah, Troli Tangan dilengkapi dengan roda yang memungkinkan pergeralan yang sangat lancar dan mudah, baik didalam ruangan maupun diluar ruangan. Mereka dapat dengan mudah dipindahkan dan dimungkinkan oleh satu orang. 

·         Kapasitas Muatan Yang Baik, Troli Tangan banyak digunakan dalam pengankuran baran dikarenakan cukup untuk membawa kapasitas muatan yang sangat lebih dari cukup. Oleh karena itu Gerobak dorong hadir dalam berbagai ukutan dan desain, sehingga dapat menampung berbagai jenis dan jumah barang. Mereka dapat dirancang untuk mengangkut beban berat dengan stabil dan aman.

·         EFISIENSI Pekerjaan, Dengan adanya Troli Tangan semua pekerjaan perangkutan dapat lebih efisien, dikarenakan alat ini cukup unutk mudah diguakan, dan cukup simple serta ramping untuk dipergunakan pengankutan. Dapat menghemat waktu dan tenaga, mereka juga dapat mengurangi resiko cidera berat dikarenakan tidak perlu mengangkat aau menggunakan mesin dalam pembawaan barang berat secara manual. 

 3. Variasi Troli Tangan

Troli Tangan hadir berbagai variasi, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Beberapa contoh varian atau jenis gerobak dorong adala sebagai berikut:

  • Troli Tangan Lipat, Troli Tangan yang dapat dilipat untuk memberikan penyimpanan dan mobilitas, Troli Tangan ini sesuai dengan namanya dengan gerobak ini dapat digunakan disituasi manapun, keadaan sempit pun mungkin bisa.
  • Troli TanganTroli Tangan Kayu, Troli Tangan dengan dirancang atau di buat menggunakan bahan kayu yang memberikan tampilan yang berbeda. Pembuatan Troli Tangan kayu ini berfungs untuk perkuatan pada siku dan tubuh gerobak yang tentunya akan kuat untuk dipergunakan mengangkut bahan bahan atau barang yang keras dan berat.
  • Troli Tangan Logistk, Gerobak ini dibuat pada dasarnya untuk pengankutan logistik baik perabotan rumah, seperti rak, laci, almari atau mungkin digunakan untuk perabotan perabotan yang dikhususkan untuk logistik lainya.
  • Troli Tangan Pedagan Jalanan, Troli Tangan yang dilengkapi dengan tempat pameran dan rak untuk pedagang jalanan ini dibuat atau digunakan untuk para penjual disamping jalan, yang dapat digunakan mengangkut dan membawa bahan atau alat dipedagangan jalanan.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa Troli Tangan dipergunakan untuk memudahkan kita untuk bekerja.


Penulis : Sarwaidi. ST.MT

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar